Pantai Parangtritis adalah salah satu ikon pariwisata di Yogyakarta. Pantai ini selalu populer dari tahun ke tahun. Walau banyak pantai-pantai baru yang bermunculan Parangtritis tetap ramai dikunjungi oleh wisatawan. Populernya pantai pasir putih di Kabupaten Gunung Kidul dan pantai-pantai lainnya di dekat Parangtritis seakan tidak bisa menurunkan popularitas Parangtritis. Hal yang menyebabkan pantai yang berlokasi di sisi selatan Kabupaten Bantul ini tetap popular adalah: lokasinya yang strategis dimana dekat dengan pusat kota Jogja, fasilitas umumnya lengkap, terdapat banyak objek wisata lainnya di kawasan Parangtritis, terdapat banyak permainan, dan tentu saja pesona pantai ini yang selalu memukau. Berikut penjelasan singkat mengenai alasan berwisata di Parangtritis:

  1.       Lokasi strategis

Hal pertama yang membuat pantai Parangtritis selalu ramai dikunjungi oleh para pengunjung adalah lokasinya yang dekat dengan Kota Yogyakarta. Jarak dari pusat kota ke Pantai Parangtritis adalah 25 kilometer atau sekitar waktu 1 jam hingga 1,5 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Jarak tersebut tentu cocok bagi mereka yang waktunya mepet atau tidak sempat jika harus ke Gunung Kidul yang jaraknya lebih jauh.

  1.       Objek wisata sekitar Parangtritis

Hal berikutnya adalah di sekitar Parangtritis terdapat banyak objek wisata lainnya. Tempat wisata yang ada sebut saja Gumuk Pasir Parangkusumo yang dikenal dengan olahraga seluncur di atas bukit pasir, Pantai Parangkusumo yang sering dipakai untuk ritual kejawen dikala malam-malam tertentu. Bagi wisatawan yang suka wisata religi bisa datang ke makam Syeh Bela-Belu yang sangat terkenal atau bagi para penyuka olahraga ekstrim bisa mencoba kegiatan paralayang dan gantole di Bukit Parangndog yang ada di timur pantai ini.

  1.       Keindahan Parangtritis

Faktor ketiga adalah sesuatu yang sederhana yaitu pesona pantai ini yang tidak pernah hilang. Pantai ini tetap menjadi daya tarik bagi sebagian besar wisatawan. Hal tersebut dapat dilihat dari ramainya wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan pantai ini. Walau selalu ramai dari pagi hingga sore, waktu terbaik untuk berwisata di Parangtritis adalah saat sore hari ketika matahari terbenam di ufuk barat. Wisatawan dapat melihat pemandangan yang sangat indah saat momen tersebut.

Lokasi Pantai Parangtritis:

Pantai ini berada di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Sekitar 25 km sebelah selatan kota Jogja dan membutuhkan waktu sekitar 1-1,5 jam untuk sampai di pantai ini memakai kendaraan pribadi dari pusat kota. Terdapat beberapa objek wisata di kawasan ini dan bisamenjadi paket tour di Jogja.

Tiket masuk Pantai Parangtritis:

Untuk masuk ke kawasan Parangtritis ini dikenakan tiket masuk ke sebesar Rp. 5.000,- per orang.

Tips wisata Pantai Parangtritis

  1.       Gunakan pakaian yang nyaman untuk di pantai.
  2.       Gunakan alas kaki yang untuk berjalan di pantai.
  3.       Bawa baju ganti jika ingin bermain air.
  4.       Jagalah kebersihan.